Sunday, August 9, 2009

Lawan MU, Momen Pembuktian Kapasitas Ancelotti

Tumbukan antara juara Premier League Manchester United kontra jawara Piala FA Chelsea dalam Community Shield kali ini memasuki edisi ke-87.

Berdasar nama besar dan sejarah rivalitas kedua tim, bentrok di Stadion Wembley malam nanti (siaran langsung Star Sports pukul 21.00 WIB) bukan sekadar laga pramusim.

Premier League musim 2009-2010 memang baru start pada 15 Agustus nanti. Meski begitu, United dan Chelsea siap mengobarkan lebih dini panasnya atmosfer kompetisi malam nanti. Siapa yang merebut gelar Community Shield itu sekaligus memiliki modal besar bersaing di kompetisi tersebut. ''Ini bukan laga pramusim. Ini laga penting bagi kami. Secara pribadi, ini laga pertama saya di Wembley," kata Carlo Ancelotti, arsitek Chelsea, sebagaimana dilansir Daily Telegraph.

Bagi Ancelotti, lawan United adalah momen pembuktian kapasitasnya sebagai pelatih top dunia maupun pelatih yang tepat bagi Chelsea. Dari hasil pramusim sebelumnya, allenatore 50 tahun itu membawa The Blues -sebutan Chelsea- memenangi World Football Challenge pada 19-26 Juli lalu. Dalam ajang di Amerika Serikat tersebut, Chelsea menang atas Inter Milan, AC Milan, dan Club America.

''Sebulan lalu saya memulai petualangan baru ini (sebagai pelatih Chelsea) dan saya senang dengan hasil kami. Hanya, kali ini kami akan menghadapi tim besar dengan pelatih besar pula," ungkap Ancelotti yang menolak mind games alias psywar itu.

Pelatih yang dimaksud tentu saja arsitek United Sir Alex ''Fergie" Ferguson. Dari head to head dengan Fergie, Ancelotti unggul 3-1. Semuanya terjadi saat Ancelotti masih menangani AC Milan dan di Liga Champions. Pertemuan terakhir adalah saat Milan menang 3-0 atas United pada babak semifinal dua tahun lalu di San Siro (kandang Milan).

''Mustahil mengulangnya. Namun, kemenangan itu merupakan penampilan terbaik yang pernah saya alami bersama Milan. Untuk bisa mengalahkan Manchester United, Anda harus dalam kondisi seratus persen," terang Carletto -sapaan akrab Ancelotti- kepada The Sun.

Di pihak lain, Fergie menyebut Ancelotti sebagai pelatih yang kaya strategi dan pengalaman. Sekalipun Inggris adalah petualangan baru Ancelotti, Fergie yakin koleganya itu tidak akan menemui hambatan serius. Awal pekan ini, Fergie menyebut Ancelotti dengan Chelsea akan menjadi pesaing utama Setan Merah -julukan United- untuk berburu gelar di ajang domestik.

''Sekalipun Carlo (Ancelotti) punya skema main tersendiri, Chelsea adalah tim mapan yang dihuni banyak pemain berpengalaman dan bagus secara skill. Chelsea akan menjadi tim kuat," urai Fergie sebagaimana dikutip The Times of India.

Bagi United, laga di Community Shield masih menjadi test case kekuatan sesungguhnya Setan Merah pasca kehilangan Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez. Kondisi itu bahkan diperparah dengan absennya pilar United lainnya. Di antaranya, kiper utama United Edwin van der Sar yang absen karena cedera patah jari tangan dan absen hingga dua bulan ke depan. Barisan pertahanan Setan Merah juga kehilangan Nemanja Vidic yang out dua pekan karena cedera betis serta Gary Neville (pangkal paha) dan Wes Brown (paha).

Melihat kondisi pemain Chelsea, hanya Yuri Zhirkov yang diragukan tampil. Winger Chelsea asal Rusia itu cedera lutut di sesi latihan kemarin (8/8)

No comments:

Post a Comment