Friday, July 24, 2009

Macheda Dipuji, MU Menang Tipis atas FC Seoul


Manchester United menang telak 4-0 atas FC Seoul dalam rangkaian tur Asia dua tahun lalu. Namun, Setan Merah -julukan United- gagal mengulang cerita yang sama kemarin (24/7). Bertanding di Stadion Seoul World Cup, United harus bekerja keras sebelum menang tipis 3-2 (1-2).

Dibandingkan saat dua kali menekuk Malaysia XI (3-2 dan 2-0) pada dua laga awal tur Asia, laga kontra Seoul FC kemarin memaksa United lebih memeras keringat.

United bahkan tertinggal lebih dulu pada menit ke-24 ketika umpan crossing Kim Seung-yong dituntaskan Dejan Damjanovic dengan gol. Selang delapan menit, United menyeimbangkan keadaan lewat sundulan Wayne Rooney yang memanfaatkan umpan John O'Shea.

Di masa injury time babak pertama, Damjanovic membuat tuan rumah kembali unggul setelah lolos dari jebakan offside. Sayang, permainan FC Seoul yang ditangani pelatih Turki Senol Gunes itu drop di babak kedua. Setan Merah akhirnya membalikkan keadaan lewat sepakan Federico Macheda (58') dan tandukan Dimitar Berbatov (65').

Pelatih United Sir Alex Ferguson memilih Macheda sebagai pahlawan tim. ''Golnya sangat brilian. Dia mendapat peluang, bergerak ke arah yang tepat, dan menuntaskannya,'' tutur Ferguson sebagaimana dilansir MUTV Online.

Aksi striker 17 tahun asal Italia itu menumbuhkan ekspektasi tinggi Ferguson. Meski harus bersaing dengan nama-nama tenar seperti Rooney, Berbatov, dan Michael Owen, kans Macheda di tim inti terbuka lebar. Ferguson berjanji memberikan kesempatan lebih banyak kepada mantan penyerang junior Lazio tersebut.

''Pemain seperti dia tidak muncul tiap tahun. Ketika melihatnya tampil gemilang, dunia serasa indah,'' ujar Ferguson. Dia membandingkan Macheda dengan Cristiano Ronaldo ketika mengawali karir di United pada 2003.

Nama Macheda mencuat kala mencetak gol kemenangan United atas Aston Villa pada masa injury time di pentas Premier League. Saat itu United unggul 3-2. Laga tersebut menjadi debut Macheda di Premier League.

Yang istimewa dari laga kemarin adalah kehadiran bintang lokal Park Ji-sung. Penampilan winger 28 tahun tersebut memang sangat ditunggu-tunggu oleh publik Korsel. Begitu masuk pada menit ke-74, Park disambut meriah oleh sekitar 64 ribu penonton.

''Dengan perlawanan menyulitkan FC Seoul, laga menjadi sangat menghibur. Saya memilih menurunkan Park di akhir babak kedua karena dia baru pulih dari cedera,'' jelas Ferguson.

Di sisi lain, cedera kembali menghantam kapten United Gary Neville. Bek 34 tahun itu harus meninggalkan tur Asia karena mengalami cedera pangkal paha di sesi latihan sebelum melawan FC Seoul. ''Meski cederanya tidak terlalu serius, saya tidak mau mengambil risiko,'' kata Neville sebagaimana dilansir The Times.

No comments:

Post a Comment